SHARE

Night Cream for Health Skin




Saat anda tidur di malam hari, kulit tubuh anda sebenarnya sedang bekerja untuk meremajakan kulit anda. Untuk itu anda harus mengenakan krem malam agar kulit anda bisa bekerja dengan baik. Meski proses regenerasi ini berlangsung alami, anda bisa membantu dengan menambahkan persediaan makanan untuk kulit. Bila persediaan nutrisi cukup maka proses perbaikan sel kulit yang rusak juga akan semakin berjalan lancar.

Cara yang dapat anda lakukan adalah mengoleskan krem malam secara rutin pada wajah, leher dan bagian-bagian tubuh yang perlu. Night cream atau krem malam merupakan pelembab kulit tanpa kandungan tabir surya. Sedangkan day cream biasanya diberi tambahan pelindung anti ultra violet dan digunakan pada siang hari.

Meski formulanya hampir sama tetapi krem malam memiliki kandungan nutrisi lebih banyak karena ditambah vitamin A, C, E serta formula anti penuaan (anti aging) di dalamnya. Teksturnya pun cenderung lebih kental bahkan menyerupai pasta.

Tetapi kandungan utama di setiap krem malam adalah natural moisturizer. Pelembab alami inilah yang berfungsi mengatur kadar air dalam lapisan kulit anda yang terluar atau biasa disebut stratum comeum. Pelembab ini tidak hanya mendistribusikan air tetapi sifat humectant nya mampu menghindari dehidrasi kulit. Karena fungsinya yang mengikat air maka bisa meminimalkan penguapan serta menjamin ketersediaan air yang cukup.

Untuk anda yang berjenis kulit kering sebaiknya anda gunakan krem malam. Jika anda lebih banyak menghabiskan waktu di bawah matahari, berada dalam ruangan ber AC atau sering membersihkan kulit dengan sabun atau scrub sebaiknya anda mulai membiasakan diri mengoleskan krem malam sebelum anda tidur. Jangan lupa anda memilih krem malam yang mengandung bahan emollient yaitu sejenis lemak kulit yang mampu melapisi kulit sehingga terlihat lebih halus, lembut dan elastis.
Sebaiknya anda hindari tidur terlalu malam karena akan menyebabkan kulit kehilangan kesempatan meregenerasi dengan baik. Hormon melatonin yang bertugas memperbaiki sel kulit yang rusak, biasanya akan bekerja secara maksimal pada pukul 24.00 hingga 04.00 dini hari. Jadi anda harus pastikan bahwa pada jam itu, anda sudah benar-benar terlelap.

Agar hasilnya maksimal sebaiknya anda oleskan krem malam saat kulit masih dalam keadaan lembab yaitu saat setelah anda dibersihkan dengan pembersih atau toner. Bagi anda yang memiliki kulit berminyak atau cenderung berjerawat sebaiknya anda tidak gunakan krem malam karena bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori. Tapi anda bisa gunakan gel, serum atau formula oil free sebagai pengganti suplai nutrisi kulit.

Untuk menghindari krem malam tidak menempel di bantal sebaiknya sebelum anda mengoleskan krem, gosok-gosokkan kedua tangan terlebih dahulu hingga terasa hangat. Dengan begitu, panas yang dihasilkan akan memudahkan krem mencair dan mudah diserap oleh kulit anda. Sehingga kemungkinan tertinggal di bantal pun akan lebih sedikit. Selamat mencoba.

(Resep.web.id)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...