SHARE

Wisata ke Istana Bogor


Istana Bogor. (foto: istimewa)
Istana Bogor. (foto: istimewa)

Istana Kepresidenan Bogor terletak kurang lebih 60 kilometer dari Jakarta, atau 43 kilometer dari Cipanas. Istana ini berada di jantung kota Bogor, di atas tanah seluas 28,86 hektar, di ketinggian 290 meter dari permukaan laut. Itulah sebabnya udara dan alam di sekitar istana ini sejuk dan indah.

Selepas mata memandang, terbentang hamparan rumput yang segar menghijau dan pohon-pohon rindang, berpadu dengan beberapa bangunan istana yang sarat nilai sejarah. Selain menjadi tuan rumah dari berbagai macam flora, Istana Bogor juga merupakan tuan rumah dari berbagai benda-benda seni seperti patung dan lukisan.

Saat ini, masyarakat yang ingin melihat dan mengenal Istana Bogor lebih dekat lagi, dapat berkunjung ke istana ini melalui program Istana Untuk Rakyat. Sama seperti program serupa yang sudah terlebih dahulu dilakukan di Istana Kepresidenan Jakarta, masyarakat dapat mengunjungi Istana Bogor dengan persyaratan yang mudah dan gratis.

Ada dua program kunjungan ke Istana Bogor yang disediakan. Pertama adalah program yang diadakan setiap akhir pekan dan kedua adalah program wisata istana reguler yang berlangsung di hari kerja. Bagi pengunjung perorangan atau keluarga, akan lebih praktis dan nyaman jika mengikuti program wisata istana di akhir pekan karena dapat mendaftar dan langsung mengikuti tur hari itu juga.

Calon pengunjung hanya perlu mendaftar ke panitia kunjungan istana yang terletak di halaman Gedung DPRD kota Bogor. Jika gilirannya telah tiba, pengunjung akan diberangkatkan dalam rombongan berjumlah kurang lebih 100 orang dari halaman gedung DPRD kota Bogor menuju ke Istana Bogor yang berjarak 50 meter. Pendaftaran dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul14.00 WIB pada hari Sabtu dan Minggu.

Sementara itu, program wisata istana reguler yang berlangsung di hari kerja, lebih banyak diperuntukkan bagi para pengunjung yang membawa rombongan berjumlah besar seperti rombongan wisata anak-anak sekolah. Ketua rombongan dapat mengirimkan surat terlebih dahulu kepada panitia kunjungan istana mengenai rencana kunjungan dan detail rombongan.

Untuk mengikuti tur mengelilingi Istana Bogor, tentu saja ada beberapa persyaratan yang harus diikuti. Pengunjung diwajibkan untuk berpakaian rapi dan sopan, serta tidak diperkenankan memakai sandal, membawa tas, barang-barang yang tidak dibutuhkan dalam kunjungan ini.

Bagi anda yang ingin mengikuti program Istana Untuk Rakyat, informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
1. Kepala Biro Pengelolaan Istana, Sekretariat Presiden, telepon 021 23545001 ext 7026. Fax 3857051, atau
2. Kepala Bagian Tata Usaha, Sekretariat Presiden, telepon 021-23545001 ext 7388. Fax 021-3859786. (arc)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...