SHARE

Makanan Yang Berkhasiat Hilangkan Jerawat


Kesal karena jerawat tak kunjung hilang? Mungkin perawatan dari luar saja belum cukup. Menurut Elliott Weiss, M.D., ahli dermatologi dari Laser & Skin Surgery Center, New York, makanan yang kita konsumsi bisa memengaruhi kondisi kulit, termasuk masalah jerawat.


Agar wajah terbebas dari jerawat, Elliott menyarankan untuk hindari konsumsi makanan manis, terlalu lezat dan banyak mengandung susu. Selain membuat tubuh Anda melar, makanan ini juga merupakan 'nutrisi' untuk pertumbuhan jerawat.
"Konsumsilah makanan sehat dan seimbang yang kaya vitamin dan mineral. Tubuh akan sehat, kuat dan cantik," tuturnya, seperti yang dikutip dari Total Beauty.

Tapi perlu diingat, perawatan dari dalam juga tidak bisa efektif jika tidak dibarengi dengan pengobatan dari luar. Konsumsi makanan sehat sifatnya hanya membantu penyembuhan jerawat. Pengolesan krim atau obat jerawat di kulit harus tetap dilakukan.

Ahli nutrisi Lara Field, seperti dilansir BellaSugar, menyebutkan ada tujuh makanan yang berkhasiat membantu kulit bebas dari jerawat. Ini dia.

1. Ketimun

Sayuran dengan kandungan air tinggi seperti ketimun dipecaya baik untuk kulit berjerawat. Airnya berkhasiat membuang racun-racun yan menyumbat pori-pori. Ditambah lagi, ketimun memiliki efek astringent yang menyejukkan. Jadi efektif untuk meredakan iritasi dan kemerahan pada jerawat. Disarankan mengonsumsi satu buah ketimun setiap hari.

2. Sayuran Berwarna Oranye

Sayuran berwarna oranye seperti wortel atau ubi, kaya akan vitamin A yang baik untuk detoks tubuh secara keseluruhan. Wortel bisa dinikmati dengan berbagai cara. Dimakan mentah, direbus setengah matang atau dibuat jus, pilih yang Anda suka.

3. Tiram

Makanan ini biasanya lebih dikenal sebagai penambah gairah seks. Tapi ada satu lagi kegunaannya, yaitu pembasmi jerawat karena kandungan zinc-nya. Zinc berfungsi membantu penyerapan vitamin A dalam tubuh dan mengontrol hormon penyebab jerawat. Tiram mentah atau yang direbus paling baik untuk menyembuhkan jerawat.

4. Yoghurt Probiotik

Makanan mengandung susu memang kurang baik untuk kulit berjerawat, tapi tidak dengan yoghurt probiotik. Tidak hanya baik untuk pencernaan, yoghurt probiotik juga mampu mencegah bakteri jahat penyebab jerawat berkembang di tubuh Anda. Konsumsilah yoghurt probiotik satu-dua porsi sehari. Anda bisa menyampurnya dengan pisang, stroberi atau potongan jeruk.

Selain empat makanan di atas, Anda juga perlu minum delapan gelas air putih sehari. Seperti yang telah disebutkan di poin satu, air berfungsi 'melunturkan' racun penyebab jerawat, juga melembabkan kulit dari dalam. Jika bosan dengan air putih yang tawar, Anda bisa menambahkan potongan lemon, jeruk, ketimun atau daun mint agar rasanya lebih segar.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...